Selasa, 20 September 2016

Kartu Singapore Tourist Pass

Apa itu Singapore Tourist Pass?


Singapore Tourist Pass (STP) yaitu kartu yang digunakan untuk menaiki transportasi di Singapore seperti MRT, LRT dan bus dalam jangka waktu "bervariasi" tanpa ada batasan pemakaiannya (tidak perlu membayar/membeli lagi). What tanpa batasan pemakaian? Iya dong tanpa batas....

Apa saja sih syaratnya untuk memiliki kartu STP ini:


Kalian harus memiliki surat izin dari pemerintah Singapore, surat izin dari penginapan, kartu keluarga. wkwk becanda loh ya ;)
Pembuatan kartu ini syaratnya cuma 1 yaitu "PUNYA UANG" yaiyalah punya uang, kalau gak punya uang mana bisa pergi2an selama di Singapore zzzzz
Oke udah ah becandanya, kapan seriusnya kalau becanda terus -_-

Oh ya kartu STP ini emang di desain untuk tourist yang berpergian tidak lebih dari 3 hari loh

Ada beberapa pilihan untuk kartu STP yaitu dari mulai 1 hari, 2 hari dan 3 hari dengan batas expired (batas maksimal) pengembalian kartu 5 hari setelah pembelian (agar uang deposit bisa kembali) Kalau kemarin gue itu pakai 3 day pass nah depositnya itu $10 lumayan kan kalau depositnya bisa balik lagi. Oh ya tapi pas kemarin gue tanya counternya kalau beli yang 1 day pass tidak ada deposit.

Contoh pemakaian STP:
Bila kalian tinggal di Singapore selama 2 hari, berarti kalian perlu membeli kartu STP 2 day pass. Pemakaiannya terhitung dari mulai kalian membeli kartu. Misal pembelian jam 13.00 nah habisnya dalam sehari itu saja yaitu tengah malam sebelum masuk tanggal berikutnya dan seterusnya. Untuk pengembalian deposit kartunya terhitung juga dari pertama kalian beli maksimalnya 5 hari. Lebih dari 5 hari deposit tidak bisa dikembalikan dan kartu STP jadi milik kalian dan bisa diisi ulang seperti kartu Ez-link. Loh apalagi tuh EZ-link? ntar dulu STP dulu yang gue jelasin biar gak bingung.

Harga Singapore Tourist Pass
Kalian bisa membeli kartu STP ini di counter-nya langsung atau pesan lewat internet.

Beli di counter                          Beli lewat internet
1 Day Pass                        $10                                                $20
2 Day Pass                        $16                                                $26
3 Day Pass                       $20                                                $30

Tempat membeli Singapore Tourist Pass
Hanya counter2 tertentu saja yang melayani penjualan STP. Tidak semua stasiun menyediakan kartu ini. Daftar counter STP:

Changi Airport:
  • 12.00 pm - 03.45 pm
  • 04.45 pm - 07.30 pm Daily
Orchard:
  • 10.00 am - 09.00 pm Daily
Chinatown:
  • 12.00 pm - 03.45 pm
  • 04.45 pm - 07.30 pm Daily
City Hall:
  • 09.00 am - 09.00 pm Daily
Raffles Place:
  • 08.00 am - 09.00 pm on Weekdays
  • 08.00 am - 05.00 pm on Saturday
  • Close on Sundays and Public Holidays
Ang Mo Kio:
  • 08.00 am - 09.00 pm Daily
HarbourFront:
  • 10.00 am - 09.00 pm Daily
Bugis:
  • 10.00 am - 09.00 pm Daily

Apa bedanya STP dengan EZ-link Card?

STP dan EZ-link adalah produk dari perusahaan yang sama. STP ditujukan untuk tourist sedangkan EZ-link ditujukan untuk orang yang tinggal lama di Singapore. Informasi lebih lanjut bisa di lihat di EZ-link Card

Sebagai tourist kalian bisa membeli salah satu kartu saja. Kalau kalian hanya tinggal 1-3 hari saja di Singapore lebih disarankan untuk membeli STP. Bila kalian tinggal lama di Singapore, atau sering ke Singapore atau berencana untuk kembali lagi ke Singapore lebih baik memakai EZ-link card.

Sistem STP itu sistem sewa, jadi kalau di hitung2 sih lebih murah untuk tourist  daripada EZ-link

Bagaimana cara pemakaian kartu STP?

Wah gampang banget deh. Bukan hanya kartu STP tapi semua kartu termasuk kartu standar, STP dan EZ-link itu caranya hanya men-TAP kan kartu pada mesin sebelum masuk ke station atau bus dan pada saat keluar dari station atau bus, kartu juga harus tetap di TAP kan agar penghitungan biaya perjalanan dihitung sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar